Sabtu, 26 November 2011

RESENSI ARTIKEL INDONESIA


Kebudayaan Indonesia, bisa majukah?
Judul asli : Mungkinkah Pariwisata Budaya Indonesia Maju?
Penulis   : Pengamat budaya dan pariwisata dan staf kementrian kebudayaan dan pariwisata RI
Sinopsis               :
                Turis – turis mancanegara berbondong – bondong datang ke Bali tidak hanya karena pemandangan alamnya yang indah, namun juga karena mereka ingin melihat kebudayaan Bali yang terkenal eksotis dan unik, yang berbeda dengan kebudayaan mereka. Bila kebudayaan Bali tidak semenarik itu, mungkin para turis mancanegara enggan mengunjungi Bali.
                Pariwisata budaya merupakan jenis pariwisata yang berdasarkan pada mosaik tempat,  tradisi, kesenian, upacara – upacara dan pengalaman yang memotret suatu bangsa/suku bangsa dengan segala keanekaragaman masyarakatnya. Garrison Keillor pada pidatonya di Amerika menyatakan bahwa :”we need to think about cultural tourism because really there is no other kind of tourism. It’s what tourism is. People don’t come to America for our airports, our hotels, or the recreation facilities. They come for our culture. They come here to see America.”
                Indonesia sendiri adalah negara yang kaya raya dengan sumber daya alam dan sumber daya budaya, namun sayangnya dalam wacana pariwisata budaya di tingkat nasional, yang seringkali dijadikan rujukan dan contoh adalah pariwisata di Bali. Sehingga pariwisata budaya kita ditempat lain kurang terekspos dunia luar. Ini terbukti saat tejadi tragedi bom Bali, penerimaan devisa negara kita di bidang pariwisata menjadi anjlok.
                Maka dari itu perlu langkah – langkah konkret untuk memajukan pariwisata kita secara menyeluruh dan langkah ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.
Opini :
                Menurut saya artikel ini sudah cukup baik dan memuat kondisi yang benar – benar terjadi di dalam dunia pariwisata Indonesia sehingga bisa kita jadikan rujukan dalam analisis pariwisata. Saya pribadi sangat setuju dengan informasi yang dipaparkan oleh artikel ini, bahwa benar pariwisata Indonesia masih jauh dari kata MAJU. Mengapa? Karena masih sangat banyak budaya kita yang belum terekspos. Padahal jika kita mau berfikir, Indonesia memiliki ratusan suku dan tiap suku memiliki budaya yang berbeda. Artinya Indonesia sangat kaya.
                Seperti yang kita tahu juga bahwa sekarang banyak kebudayaan / kesenian kita yang diklaim oleh bangsa asing. Menurut saya wajar saja ini terjadi, toh masyarakat Indonesia sendiri terkadang kurang peka dengan budayanya.
                Saya harap pemerintah sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dapat terus menggalakkan program kebudayaan kita. Ada banyak sekali cara untuk melakukan itu seperti yang sudah dipaparkan di artikel tersebut, tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat untuk melaksanakannya. Komitmen saudara – saudara.! Jangan menyerah untuk jadi lebih baik.
                Dan satu lagi, kita sebagai mahasiswa Kedokteran juga harus turut serta dalam upaya ini. Kita sebagai agent of change wajib membawa perubahan yang lebih baik meskipun pariwisata bukanlah bidang yang kita perdalam, namun kita memiliki itu.! Semangat!!!! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar